Visi

Departemen Teknik Pengairan menjadi lembaga pendidikan yang inovatif, kolaboratif, berdaya saing nasional dan internasional serta mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa di bidang sumber daya air melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan akademik dan kompetensi terapan di bidang pengairan yang berwawasan lingkungan.
  • Melakukan penelitian, pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya air untuk kesejahteraan rakyat.

Tujuan

Program Pendidikan Sarjana Teknik Pengairan mempunyai tujuan khusus dalam menghasilkan lulusan yang berkompentensi sebagai yang tercermin dalam Tabel Struktur Kompetensi Mata kuliah Departemen Teknik Pengairan, sehingga para lulusan:

  • Menghasilkan lulusan yang unggul, tangguh dan mampu bersaing di tingkat nasional, regional dan internasional yang berkaitan dengan perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengoperasian dan pemeliharaan serta pengembangan sumber daya air, berbudi pekerti luhur, serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu dan teknologi bidang pengairan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat berperan aktif dan parisipatif dalam menentukan arah kebijakan nasional khususnya dalam bidang pengairan.
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemauan dan kemampuan membelajarkan dan mengembangkan diri (life-long learning), peka dan bersikap terbuka terhadap perubahan-perubahan dengan tetap menjaga jati diri.