SEJARAH BERDIRINYA DEPARTEMEN TEKNIK PENGAIRAN

Departemen Teknik Pengairan merupakan salah satu dari delapan Departemen dan satu program studi profesi yang ada di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Kedelapan Departemen lainnya adalah Departemen Teknik Sipil, Departemen Teknik Mesin, Departemen Teknik Elektro, Departemen Arsitektur, Departemen Perencanaan Wilayah Kota, Departemen Teknik Industri dan Departemen Teknik Kimia serta Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI). Teknik Pengairan berdiri karena kebutuhan tenaga ahli bidang pengairan terasa kian mendesak semenjak program pengadaan pangan nasional, khususnya beras, menjadi sasaran utama pembangunan semenjak Pelita Pertama.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi hal tersebut yaitu dari segi ketersediaan jumlah dan mutu tenaga ahli pengairan, meskipun penambahannya telah dilakukan secara sungguh-sungguh, dirasakan tetap kurang mencukupi, terutama dengan semakin cepatnya pembangunan di bidang pengairan sejak tahun 1970.

Departemen Pekerjaan Umum, dimotori oleh Direktorat Jenderal Pengairan pada tahun 1972 melakukan terobosan yaitu dengan melakukan kerjasama berbagai perguruan tinggi untuk memenuhi kekurangan tenaga ahli di bidang pengairan tersebut. Universitas Brawijaya adalah salah satu institusi yang menyambut dengan antusias, mengingat Fakultas Teknik yang telah berdiri sudah lama dibina oleh Proyek Induk Serbaguna Kali Brantas, sehingga tidak asing lagi dengan permasalahan di bidang pengairan. Berdirinya Departemen Teknik Pengairan tidak lepas dari peran serta DR. Ir. Suyono Sosrodarsono (mantan Menteri Pekerjaan Umum yang waktu itu menjabat Direktur Jenderal Pengairan, Departemen Pekerjaan Umum) sebagai penggagas dan pendorong, serta peran serta Prof. Ir. Suryono yang merealisasi terbentuknya Departemen Teknik Pengairan.

Sebagai langkah awal dilakukan penandatanganan Piagam Kerjasama antara Departemen Pekerjaan Umum yang diwakili almarhum Ir. Sutami dan Universitas Brawijaya yang diwakili Rektor Prof. Dardji Darmodihardjo, SH.. Salah satu butir kesepakatan kedua belah pihak adalah kesediaan Universitas Brawijaya untuk membuka Departemen Teknik Pengairan dan Departemen Pekerjaan Umum memberi dukungan tenaga pengajar, fasilitas pendukung pendidikan dan pengiriman dosen ke luar negeri (Institute Hydraulic Engineering, Delft Belanda).

Sesuai dengan Surat Rektor Unibraw No. 4703/1/75 tanggal 10 Oktober 1975, tentang Persetujuan Pembukaan Departemen Teknik Pengairan dan juga Berita Faksimili dari Dirjen Pendidikan Tinggi No.0335/dj/75 tanggal 23 Oktober 1976, maka pelaksanaan pendidikan di Departemen Teknik Pengairan resmi dimulai. Hal ini juga diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri P & K No. 0559/0/1983 tentang Departemen Teknik Pengairan bukan bagian dari Departemen Teknik Sipil. Atas saran dari Dr.Ir. Suyono Sosrodarsono, bahwa sejak awal kurikulum Departemen Teknik Pengairan dirancang untuk diarahkan ke Water Resources Engineering.

Dekan Fakultas Teknik ketika itu adalah Prof. Ir. Suryono, sedangkan yang diangkat sebagai Ketua Departemen Teknik Pengairan adalah Ir. Husni Sabar, Dipl.HE. yang ketika itu menjabat Kepala Staf Perencanaan Proyek Brantas. Mahasiswa angkatan pertama tahun 1976 adalah sejumlah 49 orang yang diasuh oleh 10 orang dosen tetap.

Perintis

Sebagai perintis atas terlaksananya perkuliahan di Departemen Teknik Pengairan adalah para dosen yang terdiri dari Prof.Drs. H.M. Hasyim Baisoeni, Drs.Ir. Soemartono, Dipl.HE, Prof.Dr.Ir. Suhardjono, MPd.,Dipl.HE., Ir. A. Azis Hoesein, M.Eng.Sc.,Dipl.HE., J. Soegiyanto, MSc (almarhum)., Ir. Soebagio Tj., Dipl.HE.(almarhum), Ir. Herman Haryono.(almarhum), Ir. Sujatmoko Amali., Dr.Ir. Aniek Masrevaniah, Dipl.HE., Dr.Ir. Rispiningtati, M.Eng.. Tanpa mereka barangkali Departemen Teknik Pengairan tak pernah ada, berkat jasa mereka Departemen Teknik Pengairan telah menggaung keberadaannya, terbukti dengan banyaknya alumni yang tersebar mengabdi di tanah air tercinta ini.

Susunan Ketua dan Sekretaris Jurusan

Periode I tahun 1976 – 1979
Ketua   : Ir. Husni Sabar Dipl.HE
Sekretaris : Ir. Herman Hariyono (alm), tahun 1976-1977
Sekretaris : J. Soegijanto, MSc. (alm), tahun 1977-1979

Periode II, tahun 1979 – 1985
Ketua   : Ir. A. Azis Hoesein, Dipl HE., M.Eng.Sc.
Sekretaris : Ir. Aniek Masrevaniah, tahun 1979-1980
Sekretaris : Ir. Rispiningtati, tahun 1980-1983
Sekretaris : Ir. Endang Purwati, tahun 1983-1985

Periode III, tahun 1985 – 1990
Ketua   : Ir. Aniek Masrevaniah, Dipl HE.
Sekretaris : Ir. Sujatmoko Amali, tahun 1985-1987
Sekretaris : Ir. M. Ibnu Rubianto, tahun 1987-1990

Periode IV, tahun 1990 – 1993
Ketua   : Ir. Sujatmoko Amali
Sekretaris : Ir. Herman Haryono (alm)

Periode V, tahun 1993 – 1996
Ketua   : Ir. Rispiningtati, M Eng.
Sekretaris : Ir. Mohammad Bisri, MS.

Periode VI, tahun 1996 – 1999
Ketua   : Ir. H.M. Ibnu Rubianto
Sekretaris : Ir. Suwanto Marsudi, MS.

Periode VII, tahun 1999 – 2001
Ketua   : Ir. Mohammad Bisri, MS.
Sekretaris : Ir. Rini Wahyu Sayekti, MS.

Periode VIII, tahun 2001 – 2007
Ketua   : Ir. Suwanto Marsudi, MS.
Sekretaris : Ir. Ussy Andawayanti, MS.

Periode IX, tahun 2007 – 2009
Ketua   : Ir. Rini Wahyu Sayekti, MS.
Sekretaris : Ir. M. Janu Ismoyo, MT.

Periode X, tahun 2009 – 2013
Ketua   : Ir. Dwi Priyantoro, MS.
Sekretaris : Dr.Eng. Donny Harisuseno, ST.MT.

Periode XI, tahun 2013 – 2017
Ketua   : Ir. Moh. Sholichin, MT., PhD
Sekretaris : Emma Yuliani, ST., MT.,PhD

Periode XII, tahun 2017 – 2021
Ketua   : Dr. Ir. Ussy Andawayanti, MS., IPM
Sekretaris : Dr. Ery Suhartanto, ST., MT.

Periode XIII, tahun 2021 – sekarang
Ketua   : Dr. Ir. Runi Asmaranto, ST., MT.,IPM
Sekretaris : Dr. Ir. Very Dermawan, ST., MT.,IPM