Sejarah

Laboratorium Sungai merupakan salah satu dari lima laboratorium yang berada di bawah Departemen Teknik Sumber Daya Air-UB. Laboratorium Sungai didirikan pada tahun 1990. Laboratorium ini dirancang untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar serta menyediakan fasilitas penelitian di bidang teknik sungai. Kemudian dimanfaatkan untuk keperluan tugas akhir mahasiswa sarjana dan pascasarjana serta penelitian bersama dengan otoritas air di bidang struktur sungai dan reklamasi daerah dataran rendah.

Laboratorium Sungai , Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dirancang saat pendirian untuk keperluan proses belajar-mengajar dan memfasilitasi penelitian rekayasa persungaian dan daerah rawa pada tahun 2000. Dan Laboratorium Sungai dan Rawa ini merupakan salah satu laboratorium dari lima laboratorium  di bawah pengelolaan Jurusan Teknik Pengairan.

Dalam perkembangannya  Laboratorium ini banyak dimanfaatkan untuk penelitian baik dari mahasiswa S1 maupun Pascasarjana (S2&S3) dan kerja sama penelitian teknik hidraulik bangunan persungaian, reklamasi daerah dataran rendah dsb dengan instansi terkait. Hasil riset telah banyak dipublikasikan melalui jurnal teknik Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dan seminar nasional profesi Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) maupun publikasi lainnya.

 

Visi Dan Misi

Visi

Laboratorium Sungai dan Rawa Jurusan Teknik Pengairan, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya diharapkan menjadi pusat penelitian dan pengembangan rekayasa sungai dan rawa, yang bersinergi dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang terkait fenomena hidraulik, sedimentasi dan rekayasa persungaian dan reklamasi daerah rawa.

Misi
  1. Meningkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya manusia dengan etika kerja dan kepribadian yang lebih profesional.

  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang sungai dan lahan basah serta mensosialisasikan hasilnya kepada masyarakat.

  3. Memfasilitasi dan mendukung layanan kerja sama penelitian sungai dan lahan basah.

Moto

Precise, accurate, quick and responsible

 

Tujuan

  1. Menyediakan fasilitas laboratorium bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian dan eksperimen di bidang sungai.

  2. Menyediakan fasilitas kerja bagi staf/peneliti untuk melakukan pengembangan ilmiah sungai.

  3. Menghasilkan tenaga ahli sungai dan lahan basah yang berwawasan luas, tanggung jawab, disiplin dan etos kerja yang lebih baik.

  4. Menghasilkan penelitian terapan berkualitas tinggi di bidang sungai

  5. Aktif dalam penelitian dan pengembangan serta sosialisasi ilmu pengetahuan dan teknologi sungai dan lahan basah kepada masyarakat.

  6. Memberikan pelayanan penelitian dan pengembangan di bidang sungai dan lahan basah serta memberikan solusi atas permasalahan yang ada.

 

Modul Laboratorium Teknik Sungai

Modul Laboratorium Teknik Sungai bisa diunduh disini

Panduan Pratikum Laboratorium Teknik Sungai