Sejarah

Laboratorium adalah tempat atau wadah bagi para dosen, mahasiswa dan peneliti untuk melakukan penelitian tentang teori – teori yang sudah ada maupun metode dan produk baru. Dalam perkembangannya, peranan laboratorium tidak dapat lagi diposisikan paling belakang dalam proses pendidikan tetapi laboratorium sudah menjadi ujung tombak keberhasilan peningkatan pendidikan.

Laboratorium Tanah dan Airtanah adalah salah satu Laboratorium dari lima Laboratorium yang dimiliki Jurusan Pengairan, awal didirikannya bernama Laboratorium Air dan Tanah. Perubahan nama laboratorium ini diharapkan laboratorium tanah dan airtanah lebih spesifik dalam pengembangan keilmuannya di bidang pengelolaan airtanah. Laboratorium tanah dan airtanah saat ini memiliki dua bidang kompetensi yang dimiliki yaitu bidang pengelolaan airtanah (Groundwater) dan kualitas air (Water Quality). Pada unsur pendidikan, laboratorium ini melayani praktikum mahasiswa program sarjana teknik pengairan yang dilaksanakan secara periodik setiap semester genap. Laboratorium ini juga dapat melayani praktikum mahasiswa program magister yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Pada unsur penelitian, sampai saat ini sudah banyak tercatat mahasiswa S1, S2 dan S3 bahkan dosen, telah dan masih melaksanakan kegiatan penelitiannya menggunakan fasilitas yang di miliki oleh laboratorium ini. Pada unsur pengabdian masyarakat, laboratorium ini membuka jasa pelayanan analisa kualitas air, analisa sedimen sungai, analisa tanah dan pengukuran geolistrik untuk eksplorasi airtanah.

 

Visi Misi

Visi

Menjadi Laboratorium Tanah dan Air Tanah yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan kegiatan penelitian di bidang rekayasa sumber daya air serta berkontribusi bagi pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi
  1. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang rekayasa sumber daya air yang berkaitan dengan aspek tanah dan air tanah.

  2. Untuk mendukung data yang dapat diandalkan dalam proses desain dan analisis dan memberikan solusi untuk masalah yang berhubungan dengan tanah dan air tanah.

Moto

Bekerja dengan integritas, tepat dan tanggung jawab

Tujuan
  1. Sinergi dengan VISI dan MISI Jurusan Teknik Pengairan.

  2. Memastikan terselenggaranya kegiatan Tiga Pilar Perguruan Tinggi, sesuai dengan kompetensinya.