Single Post

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Dalam Kompetisi Civil Brings Revolution (CBR) 2020 yang diadakan oleh Teknik Sipil Universitas Lampung, delegasi Teknik Pengairan berhasil meraih Juara III dari 10 finalis terpilih. Kompetisi ini diadakan pada 26 November 2020 secara daring. Tim Anahita-64 terdiri dari Chatherine Grace Maulina (P17); Mirsa Ayu (P17); Ennisa Dzisofia (P17) dan dibimbing oleh Dr. Ir. Ussy Andawayanti, MS.

Inovasi yang mereka usulkan berjudul “Senter Aqua City (Sewage Water with Porous Drainage and Organic Sand Filter for Aquaponic and Electricity Power)”. Fokus inovasi yang diusulkan berkaitan dengan Sustainable and Green Construction for Indonesia’s Development di bidang inovasi infrastruktur bangunan air berkelanjutan.

“Keunggulan dari ide ini adalah memiliki potensi besar guna mendukung pembangunan berkelanjutan, dan memberikan solusi ketersediaan air bersih, sanitasi berkelanjutan. Implementasi alternatif ini ramah lingkungan karena air diolah dahulu untuk menghindari zat-zar yang dapat mengendap sehingga dapat memperbaiki kualitas air, serta dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan memanfaatkan air limbah domestik kita dapat menunjang keberlangsungan hidup masyarakat dengan pembangunan yang ramah lingkungan. Terlebih dalam kondisi pandemi ini, kondisi sanitasi yang buruk dan air limbah domestik berpotensi membawa virus penyebab Covid-19.” ungkap Catherine.

Harapan tim ini, semoga konsep perencanaan ini bisa direalisasikan dan dikembangkan lebih lagi.

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]