Single Post

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

 

Dalam Kompetisi LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) 3rd DISCO yang diadakan oleh Universitas Diponegoro, delegasi Teknik Pengairan berhasil meraih Juara III dari 5 finalis terpilih. Kompetisi ini diadakan pada 10-12 Agustus 2020 secara daring.

Tim WINZURA-64 terdiri dari Windy Elprimus Sonora (P17); Sahirah Masruroh (P17); Annisa Zuyyinani’ma Syafira (P17) dan dibimbing oleh Dr. Eng. Donny Harisuseno, ST.,MT. Inovasi yang mereka usulkan berjudul “Penerapan Bio-Construction Engineering System sebagai Upaya Mitigasi Banjir Bandang di DAS (Daerah Aliran Sungai) Pancarglagas Kabupaten Probolinggo”.

Fokus permasalahan yang ingin diselesaikan adalah mengurangi resiko terjadinya banjir bandang di  lokasi studi DAS Pancarglagas serta mengurangi dampak yang diakibatkan oleh banjir bandang. Secara garis besar inovasinya adalah untuk mengendalikan sedimen yang terangkut dari hulu sunggai dengan memasang konstruksi check dam bronjong menggunakan botol plastik yang diisi dengan padatan tanah (plastic bottle bricks) dan di tebing lereng hulu sungai dipasang bioengineering berupa tanaman akar wangi yang berguna mengurangi erosi.

“Keunggulan dari ide ini adalah sistem konstruksi yang ramah lingkungan, dan menjadi upaya dalam konservasi lahan di das, serta konstruksi check dam bronjong botol plastik merupakan konstruksi yang ekonomis dan mengurangi polusi serta menjadi upaya dalam mitigasi sampah.” ungkap Windy.

Harapan tim ini kedepannya agar tim pengairan dapat mengembangkan inovasi dan menemukan inovasi terbaru dalam bidang sumber daya air.

(RRP)

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]