Single Post

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Delegasi Teknik Pengairan berhasil meraih Juara I Wastewater Treatment Plant dan Juara Maket Favorit pada Kompetisi  Greeneration 2019. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Kompetisi tersebut berlangsung pada 23 November 2019.

Delegasi Teknik Pengairan dengan nama Tim  Adipati-64 ini terdiri dari Chatherine Grace Maulina (P17), Intan Ayu Grestina Dewi (P17), Aaron Jeremy Februanto (P17), Rizky Almiraldi Wirawan Putra (P17),  Yoel Dongan Hezron Lahi Raja (P17), dan dibimbing oleh Dr. Eng. Evi Nur Cahya, ST., MT. Pada kompetisi ini, mereka mengusung “TREE-UB GOWEST : Tree Box Filter With A Combination Of Ultra-Black Grey Water with Organic San Filters, Wetland, Slopegrid Inforcement, and Bioengineering Sediment Trap For Biogas Energy, Aquatic Cultivation, and Clean Water Resources”. Dengan inovasi yang mereka usung tersebut, mereka berhasil meraih Juara I dari 10 finalis yang terpilih.

“Secara garis besar ide kami adalah pengelolaan IPAL pada daerah Sungai Opak Desa Selopamioro, Bantul dapat mengurangi pencemaran air pada aliran sungai tersebut, membantu memperbaiki kualitas air, serta diharapkan kondisi air dapat memasuki kategori baku mutu air kelas I. Kami menginovasikan Tree Box Filter, dengan harapan mampu mengurangi limpasan air permukaan, sehingga air dapat masuk kedalam tree box filter. Didalam tree box filter itu sendiri terdapat filtering sehingga air dapat dipisahkan dari kotoran dan meresap ke tanah dalam kondisi bersih. Fungsi dari tree box filter selain untuk mengurangi limpasan air permukaan juga untuk merecharge air tanah.” ungkap Intan.

Keunggulan inovasi Tim Adipati-64 antara lain:

  •  Inovatif : Memanfaatkan air limbah domestik dan menggabungkan beberapa komponen.
  •  Multifungsi : Banyak manfaat yang dihasilkan seperti, Tree Box Filter, Sumber Air Baku, Biogas Energy, Floating Treatment Wetlands, Budidaya Aquatik, Pengendalian Sungai dengan Perahu Kincir.
  •  Eco-Friendly : Bangunan dengan Konsep Ramah Lingkungan : Serbuk biji Kelor dan Organic Sand Filter dan tidak mencemari badan lingkungan sungai
  •  Praktis : Desain fleksibel, dapat menyesuaikan, dengan lokasi pembuatannya.
  •  Ekonomis : Konsep economic of scale pada investasi TREE UB-GOWEST akan menghasilkan ekonomi berkelanjutan

Harapan tim ini ceme kedepannya, agar mampu menciptakan inovasi baru yang lebih menarik dan semakin berprestasi tidak hanya di LKTI tingkat nasional tetapi juga internasional.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]