Single Post

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

 

Dalam kompetisi Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diadakan sebagai rangkaian acara D’Village 2019, dua delegasi dari Teknik Pengairan berhasil lolos hingga 5 besar finalis. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Diploma Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Babak final berlangsung pada tanggal 29-31 Maret 2019. Selama berada di Surabaya, para delegasi mengikuti rangkaian kegiatan technical meeting dan presentasi di Kampus ITS Manyar; kemudian expo, seminar, dan awarding  di Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 Surabaya.

 

 

Tim Nereus-64 berhasil meraih Juara I  dan Predikat Stan Terbaik dalam kompetisi tersebut. Tim ini terdiri dari M. Aziizun Fahmi dan Novi Fadhilah Rahma.  Tim yang beranggotakan 2 mahasiswa angkatan 2015 ini membuat karya dengan judul “Strategi Penggunaan Data Curah Hujan TRMM (Tropical Rainfall Measuring Mission) Sebagai Alternatif Data Hidrologi Berbasis Teknologi Digital” dan dibimbing oleh Bambang Winarta, ST., MT., Ph.D.

Bagi Tim Nereus-64, fokus permasalahan yang ingin diselesaikan adalah kurangnya dan tidak lengkapnya data hujan di beberapa daerah, karena tidak terdapat atau kurangnya pos stasiun hujan yang bisa mewakili secara keseluruhan dari suatu daerah.

“Secara garis besar inovasi kami adalah memecahkan masalah tidak adanya atau kurangnya pos stasiun hujan di beberapa daerah yang bisa mewakili, dengan menggunakan data hujan berbasis teknologi. Inovasi yang ingin ditonjolkan adalah data hujan yang digunakan merupakan data hujan hasil pencatatan satelit yang mana diharapkan lebih bisa mewakili semua daerah yang sulit dijangkau dan tidak adanya pos stasiun hujan.” ungkap Novi Fadhilah.

Harapan mereka, data hujan yang berasal dari satelit ini dapat membantu daerah dan lokasi yang tidak terdapat pos hujan yang mewakili suatu daerah, sehingga dapat membantu untuk analisis perhitungan dan perencanaan.

Sementara tim lainnya, yakni Tim Infiltrasi-64  meraih Juara Harapan I. Tim ini terdiri dari Dwi Laksana Aji, Ayu Khurotul, dan Rizki Ramadhani. Tim yang beranggotakan 3 mahasiswa angkatan 2015 ini membuat karya dengan judul “Strategi Optimalisasi Sumber Daya Air di Kawasan Industri Arjowinangun-Tlogowaru Kota Malang Berkonsep ICOFI (Integrated Eco-Friendly Technology) dalam Revolusi Industri 4.0”.

(RRP)

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]