Single Post

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

 

Sabtu, 19 Januari 2019,  tim delegasi dari Teknik Pengairan Universitas Brawijaya berhasil meraih prestasi pada ajang W-PROJECT  2018. Kegiatan ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sumber Daya Air  Institut Teknologi Bandung. W-PROJECT diadakan setiap tahun dan sudah menginjak tahun ke-3. Di tahun ini terdapat  kategori lomba “Design Innovation Project” yang mengangkat permasalahan Sungai Citarum sebagai temanya.

Tim Witter- 64 beranggotakan Gatot Iman Sudewo (P’015); Irma Yunita (P’015); Dhiya Ulhaq (P’015) dengan dibimbing Bapak Dr. Ery Suhartanto,ST.,MT.  mengusung konsep “Normalisasi Sungai Citarum dengan dilengkapi Konsep Green Barrier dan Perencanaan IPAL dalam Upaya Pengendalian Banjir di Daerah Dayeuhkolot Kabupaten Bandung”.  Kedua tim melaksanakan tahap selanjutnya setelah lolos 5 besar dari tahap seleksi proposal. Penilaian selanjutnya adalah kegiatan presentasi dan penilaian maket. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 – 19 Januari 2019, termasuk Ekskursi Lapangan dan Seminar Nasional.

Tim Witter-64 berhasil mendapatkan Juara  I untuk Kategori Lomba “Design Innovation Project” tersebut.
Fokus permasalahan yang diangkat sesuai tema adalah penanggulangan bencana banjir yang terjadi di daerah dayeuh kolot kabupaten bandung, yang penyebabnya karena penyempitan sungai dan sedimentasi.

“Inovasinya dengan memberikan solusi pencegahan permasalahan banjir dengan menormalisasi sungai mengguanakan konsep perbaikan dasar sungai dan memperbaiki sempadan sungainya juga, setelah Itu di inovasikan dengan membuat IPAL supaya memperbaiki kualitas air dan mengurangi sedimentasi dari sampah. Garis besarnya dari ide atau inovasi yang kita buat sebenrnya terfokus untuk memperbaiki saluran dan sempadan sungai sebagai pencegahan bajir dan juga untuk memperbaiki kualitas air dengan metode IPAL yang lebih ekonomis.” ungkap Gatot.

Untuk kedepannya, tim ini berharap dapat diterapkan dan dapat realisasikan supaya permasalahan banjir yang terjadi bisa diatasi.

(RRP)

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]