Ditulis pada tanggal 20 Januari 2017, oleh roni, pada kategori Berita

ju

Program studi (Prodi) S-1 Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) raih akreditasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). Kamis (19/Jan/2016) bertempat di Ruang Satya Tirta Jurusan Teknik Pengairan, Rektor, Prof. Dr. Ir Mohamad Bisri MS hadir memberi sambutan pada tasyakuran ini. Bersamaan dengan itu juga dilaksanakan acara purna tugas Mas’ud Anwar, laboran senior Jurusan Teknik Pengairan.

Jurusan pertama dan tertua di bidang sumber daya air di Indonesia ini adalah jurusan pertama FT-UB yang melakukan sertifikasi AUN-QA. Kegiatan visitasi telah terlaksana pada tanggal 8-10 November 2016. Tim asesor AUN-QA yang mengunjungi Teknik Pengairan terdiri dari Assoc.Prof Dr. Tan Kay Chuan (National University of Singapore) dan Prof. Dr. Myrna S. Austria (De La Salle University, Filipina).

“Sejalan dengan visi FT-UB sebagai institusi yang ternama di bidang Teknik di Asia, sertifikasi AUN-QA ini dapat meningkatkan daya saing Fakultas Teknik di tingkat Internasional,” ujar Prof Bisri pada sambutannya. Dirinya berharap akan semakin banyak jurusan di UB yang mengikuti akreditasi internasional guna menaikkan rangking UB dikancah internasional.

Hal senada disampaikan pula dalam ucapan terimakasih yang disampaikan ketua Jurusan Ir. Moh. Sholichin, MT., Ph.D. Menurutnya tujuan AUN-QA terutama adalah untuk mendorong terlaksananya proses pembelajaran yang selalu melakukan proses perbaikan berkelanjutan.

“Oleh karena itu, sertifikat bukan tujuan utama, namun lebih kepada tujuan untuk mendapatkan saran-masukan perbaikan program studi,” Ucap Ir. Sholichin memotivasi segenap Civitas Akademika Jurusan Teknik Pengairan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Jurusan yang baru saja memiliki gedung perkuliahan baru ini.

ASEAN University Network (AUN) adalah jejaring beberapa Universitas di tingkat ASEAN dengan tujuan memperkuat jaringan di bidang kerjasama diantara beberapa universitas besar di ASEAN dengan mempromosikan kerjasama dan solidaritas di antara mahasiswa dan akademisi di ASEAN, pengembangan sumber daya akademisi dan professional, serta diseminasi informasi ke sesama komunitas akademik.

Keuntungan bagi perguruan tinggi dan program studi yang terlah tersertifikasi AUN-QA adalah prodi tersebut bisa disejajarkan dengan prodi universitas lain di ASEAN dengan kualitas tinggi. Peluang untuk diikutsertakan dalam program AUN-QA, dan/atau proyek dan mengembangkan prakarsa dengan organisasi mitra ASEAN. Menambah jejaring di ASEAN melalui pertemuan CQO (Chief Quality Officer) AUN-QA dan konferens yang diorganisasikan AUN-QA. Diberikan kesempatan dan prioritas untuk mengikuti workshop dan kursus pelatihan AUN-QA, serta berbagi best practices pada AUN-QA dan berbagai informasi berkaitan dengan penjaminan kualitas. Selain itu, mahasiswa yang prodinya sudah tersertifikasi AUNQA bisa melakukan kredit transfer dengan universitas lain yang sudah disertifikasi AUNQA.

Tidak lupa dalam sambutannya Ketua Jurusan juga menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaannya bagi Laboran Teladan Mas’ud Anwar, BE yang telah menyelesaikan masa pengabdiannya di FT. Ir. Sholichin mengharapkan teladan yang diberikan Mas’ud dapat diteruskan oleh generasi laboran Laboratorium Hidrolika yang berikutnya.

Acara lalu dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dan kenang-kenangan  bagi laboran Mas’ud Anwar dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Selanjutnya setelah ditutup dengan doa, Tasyakuran dilanjutkan dengan makan siang bersama. (seb)

156 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini