Ditulis pada tanggal 10 March 2019, oleh roni, pada kategori Berita, Kegiatan

 

Kuliah Tamu merupakan kegiatan perkuliahan yang menghadirkan praktisi dari instansi serta para pakar dari kalangan perguruan tinggi baik perguruan tinggi dalam maupun luar negeri untuk memberikan tambahan wawasan kepada para mahasiswa. Kuliah tamu diselenggarakan dalam bentuk perkuliahan dan merupakan bagian dari proses pembelajaran yang berkaitan dengan bidang ilmu sebuah Program Studi Doktor Teknik Sumber Daya Air.

Untuk menunjang peningkatan kemampuan mahasiswa maupun dosen, dipandang perlu untuk meningkatkan pengetahuan mereka lebih global. Salah satu cara pemutakhiran pengetahuan mahasiswa Program Doktor Teknik Pengairan adalah dengan melaksanakan kuliah tamu yang bertema “Pembangkit Listrik Tenaga Air, Potensi yang Tidak Dimanfaatkan Maksimal” dengan pembahas Dr. John P Pantouw MS dari Wakil Ketua Bidang Hukum Kontrak LPJK pada tanggal 09 Maret 2019. Acara kuliah tamu ini diketuai dan di moderatori oleh Prof. Dr. Ir. Lily Montarcih L, M.Sc dan dihadiri 30 partisipan dari 2 angkatan Program Doktor Teknik Sumber Daya Air.

Kuliah Tamu “Pembangkit Listrik Tenaga Air, Potensi yang Tidak Dimanfaatkan Maksimal”, membahas mengenai potensi air Indonesia yang menduduki no 5 dunia, memiliki 5800 sungai. 500 danau, sekitar 200 bendungan dan 100 small dam. Dari data di atas dapat di perhitungkan bahwa potensi energi listrik yang bisa dimiliki sekitar 75.000 MW. Akan tetapi dari potensi 75.000 MW saat ini menurut Dr. John P Pantouw MS yang telah dimanfaatkan baru sebesar 500 MW (6,7%). Dari pembahasan kuliah tamu tersebut harapannya mahasiswa Program Doktor Teknik Sumber Daya Air dapat mengetahui bagaimana pemaksimalan potensi besar pada listrik tenaga air.

135 total views, 1 views today