Ditulis pada tanggal 16 September 2017, oleh roni, pada kategori Berita

IMG_2337Hari kedua The 2nd International Conference on Water Resources Development and Environmental Protection (ICWRDEP) 2017 mengundang Prof. John L. Zhou dari University of Technology Sydney, Australia, Jumat (15/Sep). Dimoderatori oleh Dr. Eng. Donny Harisuseno, ST., MT., Prof Zhou mengetengahkan topik tentang Wetland in Australia: Introduction and Solution of Water Quality Degradation.

Berkarir di bidang penelitian lingkungan yang berfokus pada pencemaran lingkungan, ia membagikan pengalamannya tentang bagaimana menghadapi degradasi kualitas air dengan membangun dan melestarikan lahan basah. Sebagai daerah yang tergenang air baik permanen maupun musiman, lahan basah menjadi daerah penelitian utamanya.

icwrdep2“Polusi air adalah masalah global tapi sangat serius di negara berkembang. Seperti kita ketahui bersama, Indonesia memiliki area perairan yang sangat luas, sehingga pencemaran air dapat mempengaruhi ketahanan energi, makanan, dan air,” ujar profesor yang menyelesaikan gelar Ph.D-nya di The University of Manchester Institute of Science and Technology (UMIST).

ICWRDEP adalah konferensi dua tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Pengairan, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB). Setelah berhasil digelar dengan sukses pada tahun 2015, kali ini ICWRDEP menghadirkan 80 peserta, dengan empat pembicara utama dan 43 presenter di prosiding.

Bertempat di lantai 4 dan 5 Gedung Baru Teknik Pengairan, seminar ini menghadirkan tiga tema utama; Environmental Engineering and Water Technology, Water Science and Engineering, dan Integrated Water System and Governance.

Keynote Speaker yang memberikan materi di hari pertama antara lain Prof. Masahiko Sekine (Universitas Yamaguchi, Jepang), Dr. Foo Ken Yuen (Universiti Sains Malaysia, Malaysia), dan Jantima Teeka, Ph.D. (Rajamangala University of Technology, Thailand). Di hari kedua, setelah Prof Zhou memberikan materi, acara dilanjutkan dengan sesi presentasi.

IMG_2321Tiga presenter terbaik pada sesi presentasi diumumkan pada penutupan acara sore ini. Ketiga presenter terbaik tersebut adalah Sri Wahyuni, Dian Noovry Khaerudin, dan Sri Sudaryanti. Sertifikat Best Presenter diserahkan oleh Dekan FT-UB, Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono MT., dan acara ditutup langsung oleh Ketua Pelaksana ICWRDEP 2017, Dian Sisinggih, ST., MT., Ph.D. (mic)

 

IMG_2317 IMG_2326 IMG_2315 IMG_2306 IMG_2304 IMG_2299 IMG_2286 IMG_2281 IMG_2329icwrdep

204 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini