Ditulis pada tanggal 16 Oktober 2015, oleh roni, pada kategori Berita

juarabendungan

Tim Presipitasi-64 dari Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) berhasil memperoleh Juara I dalam Lomba Rancang Bendungan Nasional 2015 yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Sipil Universitas Mataram, 12-15 Oktober 2015.

Selain memperoleh penghargaan sebagai juara utama, tim yang digawangi oleh Aziz Rizal Prasetiyo, Warid Muttafaq,dan Imroatus Sholikhah ini juga memperoleh penghargaan kategori sebagai Juara Kategori Terindah, dan Juara Kategori Terimplementatif

Tampil dalam tahap kedua (babak presentasi dan pameran maket) tersebut 10 finalis antara lain Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Lampung, Universitas Samawa, Universitas Mataram, Universitas Muhammadiyah Malang, dan UB (2 tim).

Setelah UB, tampil sebagai juara kedua dan ketiga dalam kompetisi yang mengambil tema Bendungan Urugan yang Implementatif Inovatif & Bernilai Estetika tersebut adalah Universitas Negeri Semarang dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Berdasarkan keterangan Aziz Rizal Prasetiyo, Tim Presipitasi-64 membawakan karya Bendungan Taliwang. “Nama bendungan ini terinspirasi dari oleh-oleh yang dibawa teman mereka dari Pulau Lombok yaitu makanan khas Ayam Taliwang,” kata Ketua TIM Presipitasi-64 ini.

Aziz melanjutkan, kelebihan desain bendungan karya tim bimbingan Dr.Eng. Andre Primantyo H., ST., MT ini dibanding tim lainnya ada pada sistem pelimpahnya. “Kita mendesain supaya ada genangan setelah spillway-nya supaya air yang melimpah tidak langsung menghantam lantai betonnya,” jelasnya.

Dengan hasil ini, Tim Presipitasi-64 mengaku sangat senang dan bangga. Terlebih kompetisi ini adalah kompetisi pertama yang dapat diikuti oleh mahasiswa Jurusan Teknik Pengairan khusus di bidang teknik sumberdaya air.

“Syukur Alhamdulillah kami sangat senang sekali dengan hasil ini. Kami juga sangat optimis desain ini dapat diterapkan langsung di lapangan,” pungkasnya.

959 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini