Ditulis pada tanggal 8 November 2016, oleh roni, pada kategori Berita
Water Resources Engineering Goes for AUN-QA

Water Resources Engineering Goes for AUN-QA

Program studi (Prodi) S-1 Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) akan divisitasi oleh ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA). Jurusan Teknik Pengairan, jurusan pertama dan tertua di bidang sumber daya air di Indonesia adalah jurusan pertama FT-UB yang melakukan sertifikasi AUN-QA.

Visitasi AUN-QA yang ke-71 ini dilaksanakan untuk 3 prodi yaitu Prodi S-1 Teknik Pengairan, Prodi S-1 Hukum, dan Prodi S-1 Peternakan pada tanggal 8-10 November 2016. Tim asesor AUN-QA didatangkan untuk melakukan klarifikasi dan verifikasi dari dokumen Self-Assessment Report yang telah diserahkan sebelumnyaAssoc.Prof Dr. Tan Kay Chuan (National University of Singapore) dan Prof. Dr. Myrna S. Austria (De La Salle University, Filipina) adalah tim asesor yang akan mengunjungi Teknik Pengairan.

Sejalan dengan visi FT-UB sebagai institusi yang ternama di bidang Teknik di Asia, sertifikasi AUN-QA ini dapat meningkatkan daya saing Fakultas Teknik di tingkat Internasional. AUN-QA merupakan salah satu lembaga akreditasi/sertifikasi yang menjadi batu loncatan menuju akreditasi internasional di tingkat global.

Tujuan AUN-QA terutama adalah untuk mendorong terlaksananya proses pembelajaran yang selalu melakukan proses perbaikan berkelanjutan. Oleh karena itu, sertifikat bukan tujuan utama, namun lebih kepada tujuan untuk mendapatkan saran-masukan perbaikan program studi.

ASEAN University Network (AUN) adalah jejaring beberapa Universitas di tingkat ASEAN dengan tujuan memperkuat jaringan di bidang kerjasama diantara beberapa universitas besar di ASEAN dengan memromosikan kerjasama dan solidaritas di antara mahasiswa dan akademisi di ASEAN, pengembangan sumber daya akademisi dan professional, serta diseminasi informasi ke sesama komunitas akademik. AUN-QA (AUN-Quality Assurance) yang didirikan di tahun 1998 bertujuan untuk mengembangkan jaringan penjaminan mutu sebagai suatu cara untuk mencapai dan mempertahankan pendidikan yang berkualitas tinggi.

Keuntungan bagi perguruan tinggi dan program studi yang terlah tersertifikasi AUN-QA adalah prodi tersebut bisa disejajarkan dengan prodi universitas lain di ASEAN dengan kualitas tinggi. Peluang untuk diikutsertakan dalam program AUN-QA, dan/atau proyek dan mengembangkan prakarsa dengan organisasi mitra ASEAN. Menambah jejaring di ASEAN melalui pertemuan CQO (Chief Quality Officer) AUN-QA dan konferens yang diorganisasikan AUN-QA. Diberikan kesempatan dan prioritas untuk mengikuti workshop dan kursus pelatihan AUN-QA, serta berbagi best practices pada AUN-QA dan berbagai informasi berkaitan dengan penjaminan kualitas. Selain itu, mahasiswa yang prodinya sudah tersertifikasi AUNQA bisa melakukan kredit transfer dengan universitas lain yang sudah disertifikasi AUNQA.

Ada 15 standar penilaian yang dilakukan tim asesor dari AUN-QA. Penilaian yang dilakukan tidak sebatas borang tetapi juga kesiapan gedung, standar keselamatan, fasilitas pendidikan, dan warning system. Selain itu, berbagai kebijakan tentang standarisasi proses belajar-mengajar, prosedur moderasi nilai, kejadian bencana atau kecelakaan juga dilihat. Prosedur pelayanan terhadap dosen, mahasiswa, dan stakeholder juga diperhatikan.

1,154 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini