Ditulis pada tanggal 16 April 2015, oleh roni, pada kategori Berita

Stunas-Teknik-Pengairan-Hari-2

Studi Nasional yang diinisiasi oleh Mahasiswa Teknik Pengairan yang akan berlangsung selama lima hari, 13-18 April 2015, pada hari kedua, Selasa (14/4), melakukan kunjungan ke beberapa proyek dan temu alumni.

Proyek Reklamasi Ancol

Kunjungan proyek yang pertama adalah di proyek reklamasi di Ancol. “Dulunya Ancol ini berupa rawa-rawa yang memiliki nilai jual rendah, maka dari itu atas inisiasi gubernur DKI Jakarta yang pertama yang ingin mewujudkan adanya sarana rekreasi untuk warga, kemudian berdasarkan PerPres mengenai reklamasi Pantura ini dilakukanlah Reklamasi Ancol,” ungkap Eri, salah satu perencana di PT. Jaya Pembangunan Ancol

Reklamasi merupakan upaya perbaikan daerah yang belum memiliki nilai guna menjadi daerah yang bernilai guna dan bernilai jual. Ricard dari Divisi Reklamasi mengatakan, “PT. Pembangunan Jaya Ancol saat ini sedang melaksanakan reklamasi untuk mewujudkan terbentuknya Pulau K seluas 32 ha. Pulau K ini merupakan salah satu dari  rencana reklamasi 17 pulau di kawasan pantai utara. Sedangkan kawasan Ancol memiliki garis pantai sepanjang 7km  dari 35 km garis pantai Jakarta”.

Adanya penjelasan dari Tim reklamasi Ancol ini diharapkan dapat memberi gambaran mahasiswa tentang dunia kerja dan job desk kerja dalam perencanaan reklamasi. Setelah menerima materi, seluruh peserta mengunjungi lokasi reklamasi pulau K yang telah mencapai tahap core tanggul.

Proyek Kalibaru New Port Tanjung Priok

Kunjungan selanjutnya adalah proyek Kalibaru New Port Tanjung Priok. Proyek ini merupakan proyek dengan nilai tender paket total diperkirakan mencapai 25 Triliun,  terbesar di Indonesia untuk saat ini. “Meskipun dari Teknik Pengairan jangan khawatir tentang dunia kerja. Bisa jadi kalian akan terjun dibidang non pengairan. Jangan takut dengan insinyur luar, karena di proyek ini kami banyak memimpin insinyur luar negeri. Kita bangga menjadi Indonesia dengan kinerja yang luar biasa.” kata Pak Hadi, salah satu site engineer manager di proyek Kalibaru yang merupakan alumni Teknik Pengairan, Universitas Brawijaya.

Proyek Kalibaru New Port Tanjung Priok ini diperkirakan akan selesai tahap 1 pada tahun 2018. Proyek ini dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan pemindahan logistik karena kapal besar belum bisa langsung bersandar di Tanjung Priok. Biasanya kapal dengan ukuran sangat besar akan berhenti di Singapura dan melanjutkan ke Indonesia dengan kapal yang lebih kecil. Dengan adanya terminal Internasionl ini diharapkan dapat mengurangi biaya logistik.

“Jangan takut untuk masuk ke kontraktor atau konsultan dan ditempatkan dimanapun di Indonesia, juga jangan takut bekerja bukan di pengairan, yang bisa kita lihat Insha Alloh bisa di lakukan. Perkuat bahasa inggris, harus mau belajar lebih, dan harus siap untuk ditempa ditempat kerja.” pesan Hadi.

Temu Alumni

Temu alumni Teknik Pengairan FTUB kali ini diadakan di di Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Acara ini dihadiri oleh alumni Jurusan Teknik Pengairan mulai angkatan 1970. Turut hadir pula Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono MT. Alumni Teknik Pengairan yang hadir memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda, termasuk diantaranya Kementerian PU, PLN, dosen, kontraktor, dan konsultan. Selain menyambung silaturahim, temu alumni ini dimaksudkan untuk sharing terkait dunia kerja.

Keantusiasan peserta tergambar di sesi tanya jawab dengan alumni. Banyak pertanyaan yang dilontarkan dan dijawab dengan gamblang dan lugas oleh para alumni yang selalu menjunjung tinggi kekompakan dan kekeluargaan.  “Mengenai pekerjaan jangan khawatir, insya Allah dari Sabang hingga Merauke ada alumni Teknik Pengairan. Kira-kira hampir 70% pekerjaan pengairan yang menghitung adalah anak pengairan.” tutur Tri Bayu Aji dan Heni, selaku perwakilan alumni.

Rangkaian kegiatan hari kedua studi nasional 2015 ditutup dengan foto bersama antara mahasiswa dan alumni.

Berikut ini beberapa Foto Kegiatan Stunas 2015 :

Materi dari PT. Jaya Ancol saat ini serta penyerahan vendel oleh ketua jurusan kepada team reklamasi ancol

CChmklfUMAEFz8J CChmklXUkAArb3S

Kunjungan Studi Nasional di dermaga kalibaru tanjung priok.PP sedang menjelaskan metode reklamasi dan menuju lapangan

CCh90HSVEAAmAgs

Sambutan ketua himpunan teknik pengairan dalam acara Temu Alumni 2015 di Desa Wisata TMII Jakarta

CCjkxvaUwAAV15g.jpg large

Pemberian vendel oleh dekan dan ketua jurusan teknik pengairan kepada pihak alumni

CCjuYu4UkAQTGqO CCjuYvMVIAAsiFZ

Kunjungan peserta stunas 2015 mengunjungi BBWS Ciliwung Cisadane membahas tentang sudetan kali ciliwung ke KBT

CCmaTq6WYAEp6gr.jpg large

944 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini