Ditulis pada tanggal 1 November 2013, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

http://teknik.ub.ac.id/wp-content/uploads/2013/10/IMG_0463.jpg

Pada 23 Oktober 2013, Jurusan Teknik Pengairan FTUB genap berusia 37 tahun. Untuk memperingati hari jadi tersebut, pada hari Sabtu (26/10) kemarin di Auditorium Prof. Ir Suryono lantai 2 Gedung Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pengairan menggelar sarasehan alumni dan grand launching website inawf.org yang merupakan laman dari Indonesia Water Forum (INAWF) organisasi yang bergerak di dalam bidang pengairan. Bentuk kegiatannya sebagian besar menyelenggarakan aksi sosial dan melibatkan civitas akademika Jurusan Teknik Pengairan. INAWF sendiri dalam perjalanannya digerakkan oleh Forum Komunikasi Alumni Pengairan FT-UB (FKAP FTUB).

Hadir dalam acara ini penggagas dan pendorong berdirinya Jurusan Teknik Pengairan Dr. Ir. Suyono Sosrodarsono yang juga mantan Menteri Pekerjaan Umum, Ketua Jurusan pertama Teknik Pengairan Ir. Husni Sabar, DIPL. HE., Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Ir. Mohammad Biri, MS., Ketua Jurusan Teknik Pengairan Ir. Dwi Priyantoro, MS., Ketua FKAP FTUB Ir. John P. Pantouw, MT., serta segenap sesepuh Jurusan Teknik Pengairan seperti Prof. Drs. H.M. Hasyim Baisoeni, Prof. Dr. Ir. Suhardjono, M.Pd., DIPL. HE., Ir. Abdul Azis Hoesein, Dipl. HE. M.Eng.Sc. dan Dr.   Dr. Ir. Aniek Masrevaniah, DIPL. HE.

Ketua Panitia kegiatan Sarasehan Alumni dan Grand Launching INAWF, Ir. Henny Sudjatmiko alumni Jurusan Teknik Pengairan angkatan 81 dalam sambutannya menyampaikan FKAP FTUB yang dibentuk di Bali Januari 2013 lalu merupakan wadah komunikasi alumni untuk memberikan sumbangasih di dunia keairan. “Acara ini untuk sharing mulai dari pendiri jurusan hingga alumni atas apa yang telah dicapai jurusan hingga saat ini serta apa yang harus dibenahi serta dilanjutkan di masa depan. Sejauh ini alumni pengairan sudah banyak berpartisipasi di bidang sumber daya air melalui konsultan-konsultan yang tersebar di seluruh Indonesia. Semoga ke depannya jurusan Teknik Pengairan dan alumninya bisa berkiprah di level nasional maupun internasional”. ungkapnya.

Dekan Fakultas Teknik yang juga berasal dari Jurusan Teknik Pengairan, Prof Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. turut memberikan sambutan. Beliau memaparkan kondisi Jurusan Teknik Pengairan saat ini baik dari segi jumlah mahasiswa S1, S2 dan alumni serta prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh jurusan saat ini. “Sempat mengalami masa-masa sulit di awal tahun 2000 saat ini Jurusan Teknik Pengairan bangkit dan banyak mencatatakan prestasi membanggakan. Bahkan saat ini Jurusan Teknik Pengairan telah terakreditasi A dan tahun ini akan diikutsertakan dalam akreditasi internasional sebagai salah satu perwakilan dari Fakultas Teknik. Semoga jurusan Teknik Pengairan dari tahun ke tahun jauh lebih baik dan semakin berkualitas.”, tambahnya.

Ir. John P. Pantouw, MT alumni Pengairan angkatan 81 selaku ketua FKAP FTUB tidak ketinggalan memberikan kesan pesannya. “Kita semua ingin mendorong dan membangun bagaimana Jurusan dan alumni Pengairan lebih dibutuhkan oleh masyarakat. Dan saya sangat mengapresiasi acara ini untuk mempererat dan membina kekeluargaan alumni. Saya harap kita bisa lebih berkiprah di dunia keairan.”, tuturnya.

IMG_0482

Acara sarasehan yang menjadi sarana bertukar informasi, pikiran untuk kemajuan dunia keair-an baik dalam pengelolaan SDA maupun peningkatan SDM-nya ini berlangsung sangat hangat, akrab dan semarak. Mahasiswa yang dibantu oleh dosen dan karyawan juga mengadakan pameran teknologi melalui stan yang digelar di sekitar tempat kegiatan berlangsung. Di tengah acara Prof Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. memberikan cinderamata kepada sesepuh, pendiri dan alumni jurusan sebagai ungkapan rasa terima kasih atas sumbangasih pemikiran, kerja dan tenaga untuk jurusan Teknik Pengairan.

850 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini