Ditulis pada tanggal 30 Mei 2014, oleh roni, pada kategori Berita, Kegiatan

PDBX

Sebanyak 147 peserta acara Penelurusan DAS Brantas 2014 tiba di Bumi Perkemahan Coban Talun pada hari Sabtu, 24 Mei 2014. Mereka disambut panitia untuk kemudian bersiap-siap untuk acara api unggun pada malam hari. Pada acara api unggun, peserta diberi materi tentang kondisi DAS Brantas saat ini. Kondisi DAS Brantas saat ini sudah sangat berbeda dari beberapa tahun lalu. Kondisi air sudah tidak sejernih dulu, bahkan banyak ditemui sampah-sampah warga yang dibuang ke aliran sungai. Peserta sangat antusias pada acara api unggun ini, namun mereka harus segera beristirahat karena keesokan paginya mereka harus melakukan penelusuran DAS Brantas.

Masih merupakan rangkaian dari PEKAN DAS BRANTAS 2014, Minggu 25 mei 2014, panitia yang merupakan Himpunan Mahasiswa Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) kembali menggelar acara akbar yang melibatkan mahasiswa, karyawan, alumni, bahkan masyarakat umum. Para peserta Penelusuran DAS Brantas 2014 akan  melakukan penelusuran aliran sungai brantas dengan berjalan kaki. Pemberangkatan peserta dilaksanakan pada pukul 07.30 pagi dan dihadiri oleh Dekan FT-UB. Pembantu Dekan 3 FT-UB, Ketua Jurusan Teknik Pengairan FT-UB serta beberapa dosen jurusan Teknik Pengairan. Penelusuran DAS Brantas kesepuluh ini diberangkatkan oleh Wakil Walikota Batu H. Punjul Santoso, MM dari Bumi Perkemahan Coban Talun, peserta melakukan penelusuran sepanjang aliran sungai Brantas dan berakhir di Universitas Brawijaya.

Pada acara yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan daerah aliran sungai ini, peserta juga melakukan pembagian tempat sampah untuk warga sekitar, penebaran benih ikan, penanaman bibit pohon serta melakukan pembersihan dengan memunguti sampah sepanjang aliran sungai Brantas. Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh Perum Jasa Tirta dan Pemerintah Kota Batu, dalam sambutannya perwakilan Pemerintah Kota Batu mengharap agar kegiatan ini dapat rutin dilakukan karena sangat berdampak positif bagi lingkungan dan kelestarian air bersih di Kota Batu, Malang dan sekitarnya.

Di garis Finish (Universitas Brawijaya) peserta Penelusuran DAS Brantas 2014 disambut dengan Acara Festival Musik, Bazar Makanan, Tari Tradisional, dan Foto sesi masing-masing tim. Peserta yang berhasil mencapai garis finish terlihat sangat kelelahan, namun mereka bangga telah berpartisipasi pada acara yang memiliki tujuan mulia ini.

Sumber : Fakultas Teknik

781 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini