Ditulis pada tanggal 8 Januari 2016, oleh admin, pada kategori Berita

page1Sivitas akademika Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) mendapatkan kunjungan dari pakar civil hydro University Sains Malaysia (USM) Prof. Dr. Nor Azazi Zakaria.

Direktur River Engineering And Urban Drainage Research Centre (REDAC) ini memberikan kuliah tamu bertajuk “Latest Malaysian Stormwater Management Scenario”, di Auditorium Prof. Ir. Suryono, Rabu, 23 Desember 2015.

Dalam paparannya dihadapan ratusan dosen dan mahasiswa, alumni University of Newcastle Upon Tyne, United Kingdom tersebut menyampaikan tentang manajemen air hujan yang tidak terserap oleh tanah dan kemudian mengalir di jalan-jalan, genteng, dan sebagainya.

Konsep ini dikenal dengan Stormwater Management. Bila tidak diolah dengan baik, limpasan air ini berbahaya karena tercampur dengan polutan ketika menuju drainase.

Banjir, ketersediaan air, dan polusi air merupakan isu nasional yang saling terkait. Kita diberkati dengan sumber daya air alami yang melimpah, lebih dari 4,5 kali rata-rata dunia,” urai dosen School of Civil Engineering USM itu.

Oleh karenanya, ia menawarkan beberapa solusi untuk mengatasi isu terkait dengan pendekatan pembangunan berkelanjutan yang telah menjadi pilot project nasional di Malaysia. Konsep yang ia kenalkan antara lain Sustainable Urban Drainage System (SUDS) atau Bio-Ecological Drainage System (BIOECODS).

Dengan motto “USM-Kuliah tamuMake Every Drop Count”, ia mengaku konsep yang ia tawarkan telah merubah Malaysia menjadi negara yang menghemat air.

“Ada banyak produk-produk penelitian dari kami yang bisa dibawa ke Indonesia. Ini adalah peluang besar bagi peningkatan kerjasama,” kata Executive Committeer Malaysian Stormwater Organisation (MSO) tersebut.

Dalam kesempatan ini pula diadakan diskusi dengan Jurusan Teknik Pengairan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Satya Tirta, dihadiri oleh Tim REDAC dan dari jurusan hadir Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua Laboratorium, Ketua Kelompok Dosen Keahlian (KDK) , Tim AUN-QA dan Tim Unit Jaminan Mutu (UJM) Jurusan Teknik Pengairan yang membahas tindak lanjut MOU yang sudah ditandatangi tahun 2015.

Dalam kesempatan itu disepakati pada tahun 2016 akan dilaksanakan kegiatan antara lain;

  1. Short Course  yang dilaksanakan di USM
  2. Pertukaran Pelajar/Mahasiswa S1 dan S2
  3. Double Degree S2
  4. Joint Seminar Internasional
  5. Visitor Professor
  6. Lecture Exchange
  7. Student Exchange

809 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini