Ditulis pada tanggal 25 Maret 2015, oleh roni, pada kategori Berita, Dosen, Kegiatan

Dalam pencanangan kerjasama Internasional yang semakin intensif dalam beberapa tahun terakhir, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) pada Senin (23/3) melawat ke Universiti Sains Malaysia (USM) dalam rangka penandatangan MoU (memorandum of understanding) yang mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bertempat di Bilik Persidangan Bangunan Canselori USM, rombongan UB yang dipimpin Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS didampingi Dekan FTUB Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT, Pembantu Dekan I FTUB Dr. Ir. Surjono, MTP serta Ir. Moch. Sholichin, MT., Ph.D selaku Ketua Jurusan Teknik Pengairan diterima dengan baik oleh Naib Canselor USM Profesor Dato’ Dr. Omar Osman, Direktor REDAC Prof. Dr. Nor Azazi Zakaria beserta segenap pejabat Pusat Kajian REDAC.

Dalam sambutannya, Profesor Dato’ Dr. Omar Osman berharap bahwa kerjasama ini membuka kesempatan yang lebih besar antara USM dan UB khususnya Fakultas Teknik untuk dapat saling mendukung dan berinteraksi dalam bidang pendidikan dan penelitian. “Penandatangan kesepahaman hari ini, diharapkan dapat memberikan ide dan inovasi antara kedua institusi yang ditindaklanjuti secara langsung dalam bidang penelitian bersama. Kedepan penelitian tersebut dapat berguna dan dimanfaatkan oleh masyarakat dunia, sebagaimana visi dan misi yang telah dicanangkan oleh USM”, ungkap Naib Canselor USM.

IMG_0243

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS menyatakan bahwa ruang lingkup kerjasama USM dan UB dapat berkembang lebih luas. “Kunjungan Kerja yang dituangkan dalam MOU, tak lain untuk meningkatkan mutu pembelajaran, terutama program Magister Teknik Pengairan FTUB ke USM khususnya pada Pusat Kajian REDAC (River Engineering & Urban Drainage Research Centre). Diawali dari Jurusan Teknik Pengairan, hubungan USM dan UB akan lebih erat lagi dengan bentuk kerjasama lain yang dapat ditindaklanjuti oleh lintas jurusan di FT maupun lintas Fakultas yang ada di UB”. Ungkap Rektor.

Dalam kunjungan kali ini, kedepan ada beberapa hal yang dapat ditindaklanjuti meliputi Peningkatan SDM untuk Studi Lanjut Program Doktor di USM, Joint Research, Student Exchanges, Lecture Exchanges, Program Double Degree (S1/S2), Joint Supervision, Joint International Seminar, dan Visiting Professor. Selepas diskusi antar pimpinan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU, pertukaran cinderamata dan diakhiri dengan press conference yang diliput oleh beberapa media di Malaysia.

 IMG_0267

Awal Kerjasama,

Universiti Sains Malaysia (USM) merupakan Universitas yang masuk 3 (tiga) besar di Malaysia, terbaik di bidang pengelolaan sungai, dan satu-satunya Universitas di Malaysia yang masuk dalam program APEX (Accelerated Programme for Excellence). Pusat Kajian REDAC USM menjadi ujung tombak dalam program-program penanganan banjir dan isu Lingkungan di Malaysia. Di Indonesia, Jurusan Teknik Pengairan yang ada di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya memiliki cukup banyak kesamaan dalam subjek Mata Kuliah, pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Air.

IMG_0273IMG_0282

Sebagai upaya mendukung Fakultas Teknik memantapkan Daya Saing Nasional menuju Daya Saing Asia sebagaimana yang dicanangkan dalam RENSTRA dan RENOP, Ketua Jurusan Teknik Pengairan Ir. Moch. Sholichin, MT., Ph.D melihat potensi kerjasama antar institusi yang dapat dimulai dari level Jurusan dan dapat berkembang di level Fakultas serta Universitas.

1,147 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini