Ditulis pada tanggal 10 Agustus 2015, oleh roni, pada kategori Berita

Kepala Pusat Penelitian & Pengembangan Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUSLITBANG SDA Kementerian PU-PERA), Dr. Ir. Suprapto, M.Eng, kunjungi Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB), Kamis (7/8/2015).

Kunjugan ini dalam rangka monitoring mahasiswa Program Magister Teknik Pengairan Minat Sumber Daya Air kelas kerjasama FT-UB dengan Kementerian PU-PERA.

Kedatangan Suprapto beserta jajaran diterima langsung oleh Dekan FT-UB Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT., Kepala Program Studi Program Magister Teknik Pengairan Dr. Ery Suhartanto, ST., MT., dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian & Keuangan Dyah Anggraeni, SE di ruang Meeting Room  III.2 gedung dekanat. Tak kurang  20 mahasiswa kelas kerjasama menghadiri acara tersebut.

Dalam sambutannya Suprapto mengatakan bahwa alumni Jurusan Pengairan menjadi kebutuhan yang besar untuk kepentingan nasional. Saat ini, dengan jumlah bendungan yang besar, negara kekurangan tenaga ahli di bidang bendungan.

“Bahkan, di masa mendatang dibutuhkan banyak tenaga ahli yang dapat mengelola air dengan kualitas yang baik, jumlah yang cukup, dan dalam waktu yang singkat,” jelasnya.

Kemudian acara diisi dengan laporan kegiatan mahasiswa kerjasama dari Kaprodi Progam Magister Teknik Pengairan. Dalam paparannya, Ery menyampaikan mahasiswa kerjasama angkatan 2009-2015 masih memakai kurikulum lama dengan jumlah 40 SKS yang harus ditempuh.

Namun kedepan, sesuai peraturan Permendikbud, akan diberlakukan Program Magister Pengairan dengan jumlah 72 sks yang harus ditempuh yang akan dijalankan mulai tahun 2016.

“Dibutuhkan sosialisasi, terutama daerah-daerah Indonesia timur, bahwa akan ada perubahan jumlah SKS yang akan ditempuh jika ingin mendaftar Program Magister Teknik Pengairan,” ungkapnya.

Dari kunjungan ini juga terungkap kemungkinan kerjasama kedua belah pihak melalui penambahan kelas kerjasama minat manajemen kualitas air yang saat ini sudah di promosikan di beberapa instansi di seluruh Indonesia oleh FT-UB. (and)

Sumber

791 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini