Ditulis pada tanggal 14 November 2014, oleh roni, pada kategori Berita

Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya (UB) akan mengikuti kegiatan “Bersih-bersih Kali Brantas”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Radar Malang bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta I. Jumlah total personil  yang akan mengikuti kegiatan ini sebanyak 3.145 orang yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, SAR, DKP, PJT I, Radar Malang, mahasiswa, pelajar, dan kader lingkungan.

Peserta dari jurusan Teknik Pengairan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebanyak 300 mahasiswa dan didampingi seluruh Dosen dan staff jurusan. Mereka akan ditempatkan di tujuh titik pada hari Minggu, 16 Nopember 2014 mendatang.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah memberi motivasi dan dorongan kepada masyarakat khususnya yang berdomisili di sekitar DAS Brantas agar selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah dan limbah sungai.

Selain itu untuk memberi kesadaran kepada masyarakat agar mentaati aturan tentang ketentuan mendirikan bangunan sesuai peraturan agar tidak menghambat arus air DAS Brantas, dan mengimbau masyarakat agar tetap menjaga DAS Brantas agar airnya tetap bersih sehingga dapat dimanfaatkan dan tidak menimbulkan penyakit.

Tugas mahasiswa Teknik Pengairan dalam kegiatan ini antara lain membantu membersihkan sampah dari sungai dan sempadan sungai, melangsir kantong sampah yang sudah terisi ke dump truck, mengambil sampel kualitas air, memotret kondisi sempadan sungai di sepanjang 100 meter sekitarnya, serta mengamati perilaku membuang sampah masyarakat setempat.

Sedangkan dosen dan karyawan pendamping bertugas memantau kegiatan mahasiswa dan memberi saran menyangkut kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Berikut daftar tujuh titik lokasi Bersih-bersih Kali Brantas. Titik 1: Jl. Mayjend Panjaitan Gg. 18 A. Titik 2: Sebelah utara hotel Kartika Graha Jl. JA Suprapto. Titik 3: Sebelah barat Pasar Bunga/Splendid Kota Malang Jl. Brawijaya. Titik 4: Sebelah selatan TAREKO Jl. Majapahit. Titik 5: Jl. Juanda Gang 1. Titik 6: Sekitar jembatan Jl. Muharto Kotalama. Titik 7: Sebelah selatan Jembatan Pasar Induk Gadang.

Sumber

617 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini