Ditulis pada tanggal 29 September 2017, oleh s2, pada kategori Berita

Kuliah Tamu merupakan kegiatan perkuliahan yang menghadirkan praktisi dari instansi serta para pakar dari kalangan perguruan tinggi baik perguruan tinggi dalam maupun luar negeri untuk memberikan tambahan wawasan kepada para mahasiswa. Kuliah tamu diselenggarakan dalam bentuk perkuliahan dan merupakan bagian dari proses pembelajaran yang berkaitan dengan bidang ilmu sebuah Program Studi Magister Teknik Kualitas Air.

Untuk menunjang peningkatan kemampuan mahasiswa maupun dosen, dipandang perlu untuk meningkatkan pengetahuan mereka lebih global. Salah satu cara pemutakhiran pengetahuan mahasiswa Program Magister Teknik Pengairan adalah dengan melaksanakan kuliah tamu yang bertema “Wastewater Management and Treatment in Urban Areas in Vietnam” dengan pembahas Dr. Vo Thanh Huy dari Mietrung University of Civil Engineering pada tanggal 29 September 2017. Acara kuliah tamu ini diketuai dan di moderatori oleh Dr. Eng Riyanto Haribowo ST. MT. Dan dihadiri 20 partisipan dari 2 kelas kerjasama Program Magister Teknik Pengairan

Dalam kuliah tamu “Wastewater Management and Treatment in Urban Areas in Vietnam” Dr. Vo Thanh Huy menjelaskan bahwa sumber air limbah di Vietnam di bagi menjadi tiga yaitu Domestic source (Sumber Domestik) atau bisa diartikan limbah dari kebutuhan sehari-hari masyarakat. Industrial Source (Sumber Industri) contohnya seperti bahan kimia, bahan tekstil dan masih banyak lagi. Hospital Source (Sumber Rumah Sakit) yaitu limbah rumah sakit.

Sedangkan beberapa kekurangan dari pengolah limbah antara lain: Kebanyakan sistem pengolahan limbah yang ada sangat minim teknologi, murah, hanya untuk sekedar memenuhi kewajiban yang diberikan oleh pihak yang berwenang, sistem tidak sesuai dan tidak berjalan sesuai dengan ketentuan dikarenakan minimnya tenaga professional dan budget (peralatan minim kualitas),dan rendahnya kesadaran pemilik dan staf pengolahan limbah dalam operasi dan perawatan. Maka rekomendasi perbaikan dari semua penyebab diatas adalah perlu adanya perubahan regulasi atau peraturan mengenai pengelolaan sampah, Meningkatkan perencanaan perlindungan lingkungan, Mempelajari, menerapkan dan mentransfer teknologi ramah lingkungan, Mengembangkan teknologi pengolahan air limbah yang cocok untuk kondisi Vietnam.

148 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini